HIKMAH 12 لا خير في عزلة غير تفكر بها

HIKMAH KE 12

ما نَفَعَ القَلْبَ شَئٌ مِثْلُ عُزْلةٍ يَدْخُلُ بِها مَيْدانَ فِكْرَةٍ

Tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi hati kecuali ulah yang disertai tafakkur

Di dalam diri kita ini ada yang di namakan qolbu. Qolbu ini bukan hati yang merupakan  segumpal darah yang berada di sebelah kiri dada kita tapi hati atau qolbu ini di nisbatkan kepada Allah yang berada di dalam diri kita yang dengan hati kita itu dapat mengetahui mana yang baik dan yang buruk, untuk mengetahui mana yang menuju surga atau menuju neraka.

Jika hati baik maka semua anggota tubuh menjadi baik, jika ia jelek maka semuanya akan menjadi jelek.

Hati yang rusak adalah hati yang sering lupa kepada Allah swt.

Hati yang rusak ini mesti di obat agar selalu ingat kepada Allah swt dan Rasul-Nya dan selalu memikirkan hari akhirat.

Obat yang paling mujarab untuk mengobati hati itu adalah dengan uzlah yang di iringi dengan tafakur.

لا خير في عزلة غير تفكر بها

Uzlah tanpa tafakur akan sia sia, begitu juga tafakur di tengah tengah manusia maka tafakkur yang di dapatkannya tidak akan murni.

ابن عجيبة:

 

وقال ابن عجيبة شارحا قول ابن عطاء الله رحمهما الله تعالى: ما نفع القلب شيء مثل عزلة يدخل بها ميدان فكرة:

 

(والعزلة انفراد القلب بالله. وقد يراد بها الخلوة التي هي انفراد القالب عن الناس، وهو المراد هنا، إذ لا ينفرد القلب بالله إلا إذا انفرد القالب. والفكرة سير القلب إلى حضرة الرب، وهي على قسمين: فكرة تصديق وإيمان، وفكرة شهود وعيان. ول شيء أنفع للقلب من عزلة مصحوبة بفكرة، لأن العزلة كالحمية، والفكرة كالدواء، فل ينفع الدواء بغير حمية، ولا فائدة في الحمية من غير دواء، فلا خير في عزلة لا فكرة فيها ولا نهوض بفكرة لا عزلة معها، إذ المقصود من العزلة هو تفريغ القلب، والمقصود من التفرغ هو جولان القلب واشتغال الفكرة، والمقصود من اشتغال الفكرة تحصيل العلم وتمكنه من القلب، وتمكن العلم بالله من القلب هو دواؤه وغاية صحته، وهو الذي سماه الله القلب السليم، قال الله تعالى في شأن القيامة: {يَوْمَ لا يَنْفَعُ مالٌ ول بَنُونَ (٨٨) إِلّا مَنْ أَتَى الله بِقَلْبٍ سَلِيمٍ} [الشعراء: ٨٨ - ٨٩].

 

ما نَفَعَ القَلْبَ شَئٌ مِثْلُ عُزْلةٍ يَدْخُلُ بِها مَيْدانَ فِكْرَةٍ

الشرح:

أهل السلوك إلى الله عز وجل يرون أن الإنسان في حياته يحتاج إلى مرحلة يكون فيها خالياً ومعتزلاً تكون علائقه مع الناس قليلة، ويكون متوجهاً بقلبه كله إلى الله عز وجل، فيرون أن من أركان السير إلى الله عز وجل : -

1- العزلة .

2- الصمت .

3- السهر .

4- الجوع .

5- الأوراد .

والعزلة من أركان السير إلى الله عز وجل يعني أن تخفف علائقك مع الخلق بأقصى قدر ممكن، فانقطاع العلاقة غير ممكن، فلا بد للإنسان في أي صورة من الصور أن تكون له نوع علاقة مع الخلق ولكن أن تخفف علائقك إلى أقصى حد ممكن، فذلك يعتبرونه جزءاً من السير إلى الله .

والأصلان اللذان يستند إليهما أهل السلوك هما خلوة الرسول صلى الله عليه وسلم في غار حراء.

والثاني : الاعتكاف الذي هو سنة من سنن رسول الله صلى الله عليه وسلم.

وقد قال تعالى: (واذكر اسم ربك وتبتل إليه تبتيلا). أي وانقطع انقطاعاً.

 

 

لإمام الصادق (عليه السلام): تفكر ساعة خير من عبادة سنة * (إنما يتذكر أولوا الألباب) * (3).

- رسول الله (صلى الله عليه وآله): فكرة ساعة خير من عبادة سنة (4).

- الإمام علي (عليه السلام): فكر ساعة قصيرة خير من عبادة طويلة (5).

- الإمام الصادق (عليه السلام) - لما سأله الحسن الصيقل: تفكر ساعة خير من قيام ليلة؟ -:

نعم، قال رسول الله (صلى الله عليه وآله): تفكر ساعة خير من قيام ليلة، قلت: كيف يتفكر؟ قال: يمر بالدور الخربة فيقول: أين بانوك؟ أين ساكنوك؟ مالك لا تتكلمين؟ (6).

 

Tafakur sesaat lebih baik dari pada ibadah satu tahun lamanya yang tidak ada tafakkur di dalamnya.

Jika kita ibadah dengan tafakkur lebih mulia di sisi Allah seharga ibadah kita setahun yang tidak ada tafakur di dalamnya.

 

Karena dengan tafakur itu maka seorang hamba akan

1. Mengenali hakikat sesuatu

2. Mengagungkan Allah

3. Mengamalkan sesuatu yang membuat Allah ridho.

 

Apa yang kita tafakuri?

Yang pertama adalah kita tafakkuri adalah mengenai diri kita karena

من عرف نفسه فقد عرف ربه

Pertanyaaan pertama adalah

لماذا خلقت؟

Kenapa kita ini di ciptakan oleh Allah swt.

 

Dulunya tidak ada sekarang ada, di ciptakan oleh Allah.

 

Sebagian orang beranggapan bahwa dia diciptakan untuk mengumpulkan harta.

Baik dia mengakui atau dia mengingkari tapi sebagian besar waktunya di habiskan waktunya untuk mengumpulkan duit dan harta benda. Dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore mayoritas waktunya untuk cari duit sehingga malam kecapaian sehingga tidak bisa ibadah lagi di malam hari dan besok pagi seperti itu lagi. Maka orang semacam ini secara isyarat bahwa "bahwa aku diciptakan untuk mencari duit" walaupun di mulutnya tidak terucap kata kata seperti ini tapi perbuatannya menunjukkan hal demikian.

Porsi akhirat kecil.

Nah ini yang harus kita tafakuri,walaupun akhirat ada tapi porsinya kecil. Maka tafakur ini menjadi besar pahalanya di sisi Allah Swt.

 

Ibrahim bin adam seorang bangsawan yang hobinya berburu kemudian ada suara terdengar tanpa sosok (هاتف) yang akhirnya ia uzlah kehutan untuk menyesali perbuatannya.

 

و ما خلقت الجن و الانس الا ليعبدون

Maka kita ini di cipta untuk mengabdi kepada Allah swt. Dan ini bisa di gali dengan tafakkur.

 

Nah berhubung ibadah ini ada yang memerlukan sarana sarana, ada yang memerlukan dana dana, maka di carilah sarana, dicarilah duit, dicarilah makanan, dicarilah pakaian, di carilah tempat tinggal dan kendaraan, supaya apa? Supaya bisa nyaman, dan terus beribadah kepada Allah swt.

Jadi mencari duit itu tujuannya adalah untuk beribadah kepada Allah, jangan di balik, mencari duit akhirnya lupa ibadah kepada Allah swt.

 

Jadi tugas kita cuma satu, yaitu ibadah kepada Allah. Dan Allah menjamin dalam ayat alquran bahwa Allah akan menjamin bahwa Allah akan memberikan rizki dan kecukupan bagi mereka yang ingin beribadah kepada Allah swt.

 

Menyendiri atau uzlah itu wasilah, membantu untuk tafakkur.

Ini bagi yang tidak punya guru tapi jika punya guru maka bergaul dengan guru dan teman teman seperguruan itu lebih baik daripada uzlah..

 

مخالفة الشيخ و الإخوان خيرا له من العزلة

للخلوة عشر فوائد:

 

١ - السلامة من آفات اللسان، فإنّ من كان وحده لا يجد معه من يتكلم، ول يسلم في الغالب من آفاته إلا من آثر الخلوة على الاجتماع.

 

٢ - السلامة من آفات النظر، فإنّ من كان معتزلا عن الناس سلم من النظر إلى ما هم منكبّون عليه من زهرة الدنيا وزخرفها، قال بعضهم:

 

(من كثرت لحظاته دامت حسراته).

 

٣ - حفظ القلب وصونه عن الرياء والمداهنة وغيرهما من الأمراض.

 

٤ - حصول الزهد في الدنيا والقناعة منها، وفي ذلك شرف العبد وكماله.

 

٥ - السلامة من صحبة الأشرار ومخالطة الأرذال، وفي مخالطتهم فساد عظيم.

 

٦ - التفرغ للعبادة والذكر، والعزم على التقوى والبر.

 

٧ - وجدان حلاوة الطاعات، وتمكن لذيذ المناجاة بفراغ سره، قال

 

أبو طالب المكي في القوت : (ولا يكون المريد صادقا حتى يجد في الخلوة من الحلاوة والنشاط والقوة ما لا يجده في العلانية).

 

٨ - راحة القلب والبدن، فإن في مخالطة الناس ما يوجب تعب القلب.

 

٩ - صيانة نفسه ودينه من التعرض للشرور والخصومات التي توجبها الخلطة.

 

١٠ - التمكن من عبادة التفكر والاعتبار، وهو المقصود الأعظم من الخلوة) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HIKAM 10 مراتب الإخلاص

HIKAM 11 عمل السر على عمل الجهر بسبعين ضعفا

HIKMAH KE 193 مِنْ عَلَامَاتِ اتِّبَاعِ الْهَوَى